Jumat, 28 Januari 2011

KARYA TULIS : Hj. Dumasari Harahap, SH, MSi

PENTINGNYA MENGENALI GAYA BELAJAR ANDA

Oleh : Hj. Dumasari Harahap, SH, MSi

Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara

          Kemampuan belajar adalah keterampilan yang sangat penting bagi anda. Dalam hidup ini sering kita menghadapi pengalaman atau belajar yang baru, dalam karir atau dalam pekerjaan kita. Untuk menjadi pembelajar yang efektif anda harus berubah dari keterlibatan (PN) dan menyimak (PC), ke menciptakan ide-ide (KA) ke pembuatan keputusan (EA). Sebagai orang dewasa mungkin anda menjadi lebih baik pada beberapa keterampilan belajar ini daripada orang lain. Anda cenderung percaya pada keterampilan dan langkah dalam proses belajar lebih daripada orang lain. Akhirnya anda berhasil dalam mengembangkan suatu gaya belajar.
          Mengenali gaya belajar sendiri, akan membantu anda untuk sadar akan kekuatan anda dalam beberapa tingkat siklus belajar. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan efektivitas belajar anda adalah dengan menggunakan kekuatan-kekuatan ini.
          Cara lain untuk mengenali gaya belajar anda adalah melihat berapa dekat hubungan dengan :
·      Pemilihan karir
·      Pemecahan masalah
·      Pengelolaan orang lain
·      Bekerja sebagai bagian dari tim
Ada 4 (empat) tipe gaya belajar, yaitu :
1.  CONVERGER
Orang dengan gaya belajar ini paling tepat dalam menemukan penggunaan-penggunaan praktis atas ide-ide dan teori-teori. Jika gaya belajar ini yang lebih anda sukai, anda mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah dan membuat keputusan berdasarkan pada temuan pemecahan-pemecahan untuk pertanyaan-pertanyaan atas permasalahan-permasalahan. Anda akan lebih suka berhadapan dengan tugas-tugas dan masalah-masalah teknis daripada dengan masalah-masalah sosial dan antar perseorangan. Gaya belajar ini penting untuk efektivitas dalam karir teknologi dan spesialis.
2.  DIVERGER
Orang dengan gaya belajar ini, sangat tepat dalam melihat situasi konkrit dari berbagai sudut pandang. Pendekatan mereka lebih pada mengamati daripada mengambil langkah tindakan. Jika ini adalah gaya belajar anda, mungkin anda akan menyukai situasi yang membutuhkan tumbuhnya berbagai ide, seperti dalam sesi curah pendapat. Anda mungkin mempunyai ketertarikan yang luas pada budaya dan suka mengumpulkan informasi. Kemampuan imajinasi dan sensitivitas terhadap perasaan ini, dibutuhkan untuk efektivitas dalam karir seni, hiburan dan jasa pelayanan.
3.  ASSIMILATOR
Orang dengan gaya belajar ini, paling tepat dalam memahami sejumlah besar informasi dan mengartikannya kedalam bentuk yang konkrit dan logik. Bila gaya belajar ini merupakan gaya belajar anda, mungkin anda kurang berfokus kepada manusia dan lebih tertarik pada konsep dan ide-ide abstrak. Umumnya orang-rang dengan gaya belajar ini, menemukan hal yang lebih penting bahwa teori mempunyai kekuatan yang logis daripada nilai-nilai yang praktis. Gaya belajar ini penting untuk efektivitas dalam karir informasi dan ilmu pengetahuan.
4.  ACCOMODATOR
Orang dengan gaya belajar ini, mempunyai kemampuan untuk belajar dari pengalamannya. Jika ini merupakan gaya belajar anda, mungkin anda menyukai pelaksanaan suatu rencana dan melibatkan diri dalam pengalaman yang baru dan menantang. Kecenderungan anda untuk bertindak kemungkinan lebih banyak berdasarkan perasaan “yang mendalam” daripada hasil analisis logika. Dalam memecahkan masalah, anda mungkin lebih mengandalkan informasi yang didapatkan dari orang lain daripada analisis teknis anda sendiri. Gaya belajar ini penting untuk efektivitas dalam karir sebagai pemasaran atau penjualan (marketing atau sales).
          Anda dapat memperbaiki kemampuan belajar dan menyelesaikan masalah dalam tiga cara :
·      Mengembangkan hubungan belajar dan bekerja dengan orang yang mempunyai kekuatan dan kelemahan belajar berlawanan dengan yang anda punyai. Ini adalah cara yang termudah, kenali kekuatan gaya belajar anda sendiri dan kembangkan. Pada saat yang sama nilai perbedaan gaya belajar orang lain. Jangan anggap kalau anda harus memecahkan masalah seorang diri. Kekuatan belajar meningkat dengan bekerja dengan orang lain. Walaupun mungkin anda akan terpengaruh oleh orang yang mempunyai gaya belajar yang sama dengan yang anda punya. Anda akan belajar dengan baik dari mereka yang mempunyai gaya belajar berbeda dengan yang anda miliki. Bagaimana? Bila anda mempunyai gaya belajar teoritis (abstrak), seperti converger, anda dapat belajar lebih baik dalam mengkomunikasikan ide-ide berhubungan dengan orang yang lebih nyata (konkrit) dan berorientasi pada manusia seperti diverger. Orang yang bergaya lebih cermat/reflektif (assimilator) akan memperoleh manfaat dari mengamati resiko yang diambil dan eksperimentasi aktif dari orang yang lebih aktif – seperti accomodator.
·      Memperbaiki kecocokan antara kekuatan gaya belajar dan pengalaman cara belajar dan pemecahan masalah yang anda telah pernah kerjakan. Ini adalah cara yang lebih sukar untuk dicapai, yaitu kinerja belajar dan kepuasan hidup yang lebih baik. Bagaimana? Ada beberapa cara untuk melaksanakan ini. Untuk sebagian orang hal ini berarti ganti karir atau pekerjaan atau pindah kebidang baru dimana mereka merasa lebih nyaman dengan nilai-nilai dan keterampilan yang disyaratkan. Kebanyakan orang, akan memperbaiki kecocokan antara gaya belajar mereka dan pekerjaan dengan mengatur kembali prioritas dan kegiatan mereka. Mereka dapat memusatkan diri pada pekerjaan dan kegiatan yang terletak pada daerah kekuatan gaya belajarnya dan tergantung pada orang lain untuk gaya belajar mereka yang lemah.
·      Berlatih dan kembangkan keterampilan belajar untuk bidang yang merupakan kelemahan anda. Ini adalah hal yang paling menantang, tetapi bisa menjadi yang paling berharga. Bersikap fleksibel, anda akan dapat mencakup persoalan yang beraneka ragam. Anda akan lebih dapat menyesuaikan diri pada perubahan. Karena ini merupakan hal yang tersukar, maka memerlukan waktu dan toleransi yang tinggi terhadap kesalahan dan kegagalan anda sendiri. Bagaimana? Kembangkan perencanaan jangka panjang. Harapan perbaikan dalam kurun waktu bulan sampai tahun, tidak dalam waktu yang singkat.
          Cari situasi yang aman untuk latihan. Cari situasi untuk melakukan percobaan, tapi jangan sampai kegagalan menjadi penghukum anda. Hargai dirimu sendiri, ini suatu pekerjaan yang berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar